PENGARUH PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V MI DDI SAKEANG KABUPATEN MAROS

Meliana putri (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V MI DDI SAKEANG KABUPATEN MAROS.

[img] Text
Jurnal_Ilmiah_Meliana Putri_ 1847040046.pdf

Download (390kB)

Abstract

Meliana putri, 2023. Pengaruh penerapan pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca pemahaman bahasa Indonesia siswa kelas v MI DDI Sakeang Kabupaten Maros. Program studi Pendidikan guru sekolah dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nur Abidah Idrus, dan Siti Raihan). Rendahnya keterampilan membaca pemahaman menjadi alasan utama penelitian ini karena keberhasilan dalam pembelajaran adalah agar anak dapat paham terhadap materi pelajaran yang telah disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca pemahaman Bahasa Indonesia anak kelas V MI DDI Sakeang Kabupaten Maros. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan kelompok one grup pretest- posttest design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI DDI Sakeang yang berjumlah 19 orang dengan 7 orang laki laki dan 12 orang Perempuan kelas v MI DDI Sakeang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh nilai hasil observasi pelaksanaan pembelajaran CIRC diperoleh kategori sangat baik, yang artinya pelaksanaan model pembelajaran CIRC telah terlaksana dengan sangat baik. Nilai rata rata hasil posttest siswa lebih tinggi dibandingkan nilai rata rata pretest siswa. Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa ha diterima dan ho ditolak, yang artinya terdapat pengaruh pembelajaran CIRC terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran CIRC terhadap keterampilan membaca pemahaman Bahasa Indonesia siswa kelas v MI DDI Sakeang kabupatten Maros. Kata kunci : cooperative integrated reading and composition, membaca pemahaman

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2024 07:48
Last Modified: 13 Jun 2024 07:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35519

Actions (login required)

View Item View Item