PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 30 MAROS KABUPATEN MAROS

Wilda Salsabila (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 30 MAROS KABUPATEN MAROS.

[img] Text
Draft Artikel Wilda Salsabila.pdf

Download (799kB)

Abstract

Wilda Salsabila, 2023. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas V SDN 30 Maros Kabupaten Maros. Hasil penelitian. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Amir Pada dan Andi Makkasau). Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan rendahnya hasil belajar ips siswa yang disebabkan karena pola pembelajaran yang digunakan cenderung membuat siswa menjadi pasif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPS dan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan model Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas V SDN 30 Maros. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimen dengan desain penelitian Design dengan bentuk Nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini adalah Make A Match dan hasil belajar IPS. Adapun populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V1 dan V2 SDN 30 Maros. Sampel yang terpilih berdasarkan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan hasil analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, homogenitas dan hipotesis menggunakan independent sampel T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran dengan menggunakan model Make A Match diperoleh hasil belajar IPS di kelas eksperimen berlangsung dengan kategori sangat baik. 2) Hasil belajar IPS dengan penerapan model Make A Match pada siswa kelas V semakin meningkat hal ini dibuktikan dari nilai hasil posttest pada kelas eksperimen yang lebih tinggi daripada kelas control. 3) Dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas V SDN 30 Maros Kabupaten Maros. Kata Kunci : Make A Match, Hasil Belajar IPS

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2024 07:22
Last Modified: 13 Jun 2024 07:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35512

Actions (login required)

View Item View Item