Mujahida Jahi (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY BERBANTUAN ASSEMBLR EDU TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V UPT SDN 73 SUDU KECAMATAN ALLA KABUPATEN ENREKANG.
Text
Jurnal Skripsi Mujahida Jahi (1).pdf Download (270kB) |
|
Text
Jurnal Skripsi Mujahida Jahi (1).pdf Download (270kB) |
Abstract
Mujahida Jahi, 2024. Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Berbantuan Assemblr Edu terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas V UPT SDN 73 Sudu Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Irfan dan Abdul Rahman) Peserta..didik cenderung. mengalami.. kesulitan.. memahami .pembelajaran IPA yang melibatkan .konsep ..abstrak dan kompleks. Penelitian ini bertujuan yaitu: (1) mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran di kelas menggunakan media Augmented Reality berbantuan Assemblr Edu, (2) mengetahui gambaran hasil belajar IPA peserta didik kelas V, dan (3) mengetahui pengaruh penggunaan media Augmented Reality berbantuan Assemblr Edu terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V UPT SDN 73 Sudu Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental tipe Non-equivalent Kontrol Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas V UPT SDN 73 Sudu, sampelnya 22 peserta didik kelas Va dan 21 peserta didik kelas Vb yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan penggunaan media Augmented Reality berjalan dengan sangat baik. Hasil analisis inferensial menggunakan Independent Sampel t-Tes diperoleh nilai thitung = 4,522 > ttabel = 2,020 dengan taraf signifikan α = 0,05 sehingga hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran menggunakan media Augmented Reality berlangsung sangat efektif, (2) hasil tes peserta didik menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA peserta didik, (3) terdapat pengaruh penggunaan Media Augmented Reality berbantuan Assemblr Edu terhadap hasil hasil belajar IPA peserta didik kelas V UPT SDN 73 Sudu Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Kata Kunci: Augmented Reality, Hasil belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 07:02 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 07:02 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35509 |
Actions (login required)
View Item |