MODEL ASESSMEN KOMPETENSI ABAD 21 (Model-AKA21)

Muh. Tawil, - and Alimuddin Tampa, - (2024) MODEL ASESSMEN KOMPETENSI ABAD 21 (Model-AKA21). In: Badan Penerbit UNM. FMIPA, pp. 1-370. ISBN 978-623-387-229-4

[img] Text
Buku Fix Pak Tawil.pdf

Download (4MB)

Abstract

Salah satu cara untuk mengakses seluruh kompeten sisswa yang sangat penting di abad 21 adalah asesmen kompetensi abad 21. Model asesment ini dapat dikembangkan melalui latihan secara kontinu. Sekolah adalah salah satu vehicle untuk mengembangkan berbagai macam jenis asesment untuk merekan jejak kompetensi siswa termasuk keterampilan berpikir tingkat tinggi dan salah satu bridge pengembangan kompetensi siswa. Untuk itu peranan guru sangat diperlukan dalam mendesain asesmen dan pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai kompetensi siswa. Beberapa model asesmen telah berkembang, namun sangat sedikit model asesmen yang dapat digunakan untuk merekan seluruh kompetensi siswa. Buku ini menyajikan Penelitian & Pengembangan Model Asesmen Kompetensi Abda 21 yang diberi nama model AKA21. Model ini adalah hasil penelitian development research selama 3 tahun dengan mengacu teori pengembangan Plomp yang terdiri 5 tahap, yaitu: (1) tahap pengkajian awal; (2) tahap perancangan; (3) tahap realisasi/konstruksi(4) tahap tes, evaluasi dan revisi, dan (5) tahap implementasi. Penilaian validitas, kepraktisan, dan efektivitas menggunakankriteria Nieveen. Buku ini memuat beberapa teori asemen, proses pengembangan model, dan prosedur pelaksanaan model asesmen dan aktifitas setiap prosedur

Item Type: Book Section
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 13 Jun 2024 04:18
Last Modified: 13 Jun 2024 04:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35492

Actions (login required)

View Item View Item