ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENYUSUN RANCANGAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V DAN VI UPT SDN 3 TURATEA KECAMATAN TURATEA KABUPATEN JENEPONTO

Khusnul Khatima (2024) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENYUSUN RANCANGAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V DAN VI UPT SDN 3 TURATEA KECAMATAN TURATEA KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
artikel imah.pdf

Download (378kB)

Abstract

Khusnul Khatima, 2023. Analisis Kesulitan Guru Dalam Menyusun Rancangan Pembelajaran Tematik Di Kelas V Dan VI Upt Sdn 3 Turatea Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh sayidiman dan hamzah pagarra) Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran tematik yang digunakan masih belum maksimal dalam pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan dalam kurikulum. Hal inilah yang membuat guru merasa kesulitan saat menyusun rancangan pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui bagaimana kesulitan guru dalam Menyusun rancangan pembelajaran tematik dikelas tinggi UPT SDN 3 Turatea Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kesulitan yang dialami guru dalam membuat RPP yaitu dimana guru harus menguraikan kompetensi dasar menjadi indikator, guru kesulitan menerapkan metode pembelajaran, guru kesulitan membuat langkah-langkah pembelajaran, dan guru sulit menyesuaikan media pembelajaran kedalam RPP (2) Kesulitan guru dalam membuat LKPD yaitu menyesuaikan isi LKPD dengan tingkat pemahaman peserta didik (3) Kesulitan guru dalam membuat bahan ajar yaitu kesulitan dalam membuat konten atau isi materi pembelajaran, dan kesulitan dalam membuat materi pokok (4) Kesulitan guru membuat media pembelajaran yaitu kesulitan membuat media pembelajaran yang menarik (5) Kesulitan guru dalam membuat instrumen penilaian yaitu kesulitan membuat penilaian pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Kata kunci : Pembelajaran Tematik,RPP,LKPD

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2024 01:47
Last Modified: 13 Jun 2024 01:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35480

Actions (login required)

View Item View Item