Nur Annisa Fitrah (2024) PENGEMBANGAN PLATFORM BAHAN AJAR DIGITAL KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMP NEGERI 3 MAKASSAR.
Text
Jurnal+Nur+annisa+fitrah.pdf Download (781kB) |
Abstract
Nur Annisa Fitrah.2022. Pengembangan platform bahan ajar digital kegiatan pramuka di SMP Negeri 3 Makassar. Skripsi. Dibimbing Oleh: Dr. Farida Febriati, S.S., M.Si dan Merrisa Monoarfa, S.Pd., M.Pd.Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang terjadi pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 3 Makassar yaitu kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang mengalami kendala untuk melakukan kegiatan secara langsung sehingga peneliti mengembangkan platform bahan ajar digital agar anggota pramuka mampu berlatih secara mandiri dengan menganalisis tingkat kebutuhan pengembangan platform bahan ajar digital, mendesain produk platform bahan ajar digital, serta mengetahui tingkat kepraktisan produk platform bahan ajar digital. Tujuan penelitian untuk 1) Mengidentifikasi analisis tingkat kebutuhan pengembangan platform bahan ajar digital kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 3 Makassar, 2) Mendesain produk platform bahan ajar digital kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 3 Makassar, 3) Menggambarkan validitas dan tingkat kepraktisan produk platform bahan ajar digital ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 3 Makassar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian R&D (Research & Development) dan dikembangkan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini yaitu 2 orang validator yang terdiri dari ahli desain media dan ahli isi/materi. Uji coba perorangan berjumlah 3 orang anggota pramuka dan uji coba kelompok kecil berjumlah 15 orang anggota pramuka. Teknik analisis data yaitu secara deskriptif kualitatif dan statistika deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa identifikasi tingkat kebutuhan anggota pramuka berada pada kualifikasi sangat dibutuhkan,validasi materi/isi berada pada kualifikasi sangat valid,validasi desain/media berada pada kualifikasi sangat valid, uji coba perorangan memperoleh kualifikasi sangat praktis, uji coba kelompok berada pada kualifikasi praktis, dan tanggapan pembina pramuka berada pada kualifikasi sangat praktis. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu tingkat analisis kebutuhan platform bahan ajar digital berada pada tingkat sangat dibutuhkan serta produk platform bahan ajar digital yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis. Kata Kunci: Pengembangan, platform bahan ajar digital, pramuka
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 01:37 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 01:37 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35479 |
Actions (login required)
View Item |