PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI INTERAKTIF PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK DI PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Aisyah Ratu An Nur (2024) PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI INTERAKTIF PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK DI PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL+AISYAH+RATRU+AN+NUR.pdf

Download (518kB)

Abstract

Aisyah Ratu An Nur. 2022. Pengembangan Media Evaluasi Interaktif Pada Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik Di Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Dibimbing Oleh: Dr. Farida Febriati, S.S., M.Si. dan Merrisa Monoarfa, S.Pd., M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang terjadi pada mata kuliah Perkembangan Peserta Didik yaitu mahasiswa belum pernah menggunakan media evaluasi interaktif seperti Quizizz. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian R&D (Research & Development) dan dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kebutuhan media evaluasi Interaktif berbasis Quizizz pada Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik Di Prodi Teknologi Pendidikan Fakukultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, 2) Mengetahui desain media evaluasi Interaktif berbasis Quizizz pada Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik Di Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, 3) Mendeskripsikan validitas dan kepraktisan media evaluasi interaktif berbasis Quizizz pada Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik Di Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Subjek dalam penelitian ini yaitu 2 orang validator yang terdiri dari ahli desain/media dan ahli isi/materi, mahasiswa Teknologi Pendidikan angkatan 2021 berjumlah 62 orang dalam uji coba kelompok besar, dosen pengampuh mata kuliah Perkembangan Peserta Didik, dan 5 orang mahasiswa Teknologi Pendidikan sebagai uji coba perorangan. Teknik analisis data yaitu secara deskriptif kualitatif dan statistic deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa identifikasi tingkat kebutuhan mahasiswa berada pada kualifikasi sangat di butuhkan, validasi isi/materi berada pada kualifikasi sangat baik, validasi desain/media berada pada kualifikasi sangat baik, pada tahap uji coba kelompok memperoleh kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan memperoleh kualifikasi sangat baik, dan tanggapan dosen pengampuh mata kuliah berada pada kualifikasi sangat baik juga. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu tingkat analisis kebutuhan media berada pada tingkat sangat dibutuhkan serta produk media evaluasi interaktif berbasis Quizizz yang dikembangkan sudah valid dan praktis. Kata kunci: Pengembangan, media evaluasi berbasis Quizizz, perkembangan peserta didik

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2024 01:34
Last Modified: 13 Jun 2024 01:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35478

Actions (login required)

View Item View Item