PENGARUH PENERAPAN METODE AUDIOLINGUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARTIKULASI HURUF KONSONAN SISWA TUNARUNGU DI SLB ARNADYA

Nur Hidayah Abbas (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE AUDIOLINGUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARTIKULASI HURUF KONSONAN SISWA TUNARUNGU DI SLB ARNADYA.

[img] Text
Jurnal_Nur Hidayah Abbas_Pkh. UNM.pdf

Download (256kB)

Abstract

Nur Hidayah Abbas, 2024 Pengaruh Penerapan Metode Audiolingual Dalam Meningkatkan Kemampuan Artikulasi Huruf Konsonan Siswa Tunarungu di SLB Arnadya. Skripsi dibimbing oleh. Dr.Mustafa, M.Si, dan Zulfitrah, S.Pd., M.Pd. Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode audiolingual dalam meningkatkan kemampuan artikulasi huruf konsonan R siswa tunarungu Fokus dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Bagaimana kemampuan artikulasi huruf konsonan R pada siswa tunarungu di SLB Arnadya, 2) Bagaimana gambaran penerapan metode audiolingual dalam pembelajaran bahasa bagi anak tunarungu di SL Arnadya, 3) Apakah metode Audiolingual dapat meningkatkan kemampuan artikulasi huruf konsonan R pada siswa tunarungu di SLB Arnadya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis Deskriptif Kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah MA siswa tunarungu kelas V SDLB. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode audiolingual dapat memberikan perubahan kemampuan artikulasi huruf konsonan R Siswa tunarungu MA. Kemampuan pengucapan Siswa tunarungu sebelum diberikan perlakuan, sangat rendah berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan tes, pemberian perlakuan penerapan metode audiolingual (mendengarkan, mengucapkan, dan latihan berulang) mengalami peningkatan ke kategori cukup, sesudah diberi perlakuan meningkat ke kategori cukup dilihat dari hasil tes, peningkatan kemampuan pengucapan siswa MA kelas V SD. Kata Kunci : Pengaruh Metode Audiolingual, Kemampuan Artikulasi, Tunarungu.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2024 01:30
Last Modified: 13 Jun 2024 01:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35477

Actions (login required)

View Item View Item