Muh. Tawil, - (2013) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. Laporan Penelitian.
Text
LAPORAN PENELITIAN HIBAH BERSAING THN KE_2.pdf Download (6MB) |
Abstract
Implementasi model PFBP diharapkan siswa memperoleh manfaat ganda, yakni 1) pemahaman dan penguasaan materi fisika, dan 2) peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi, yakni keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif. Untuk mecapai target tersebut telah dilakukan implementasi PFBP pada salah satu SMA Negeri di Kabupaten Gowa. Implementasi ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua sintak PFBP terlaksana dengan baik. Implementasi model pembelajaran fisika berbasis portofolio didapatkan bahwa N-Gain keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif siswa yang mengikuti PFBP dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Tanggapan guru dan siswa terhadap perangkat pembelajaran dan pelaksanaan PFBP sangat positif
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 05:52 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 05:52 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35449 |
Actions (login required)
View Item |