Idrus, Nur Abidah and Lutfi B, Lutfi B and Haris, Hasdawati and Saharullah, Saharullah (2023) Penerapan Role Playing untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V UPTD SDN 176 Barru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7 (3). pp. 234575-23481. ISSN ISSN: 2614-6754 (print) ISSN: 2614-3097(online)
Text
JURNAL SINTA 6 Anggota (2).pdf Download (156kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan rendahnya rasa percaya diri siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V UPTD SDN 176 Barru. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V UPTD SDN 176 Barru dan guru wali kelas V UPTD SDN 176 Barru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V UPTD SDN 176 Barru. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan pada ketuntasan belajar keterampilan berbicara pada siswa kelas V UPTD SDN 176 Barru. Kata Kunci: Role Playing, meningkatkan, Keterampilan, Berbicara, Siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 05:33 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 05:33 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35441 |
Actions (login required)
View Item |