PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS PADA MURID TUNANETRA KELAS IV DI SLB A YAPTI MAKASSAR

TAUFIK HIDAYAT (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS PADA MURID TUNANETRA KELAS IV DI SLB A YAPTI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL TAUFIK HIDAYAT.pdf

Download (391kB)

Abstract

TAUFIK HIDAYAT, 2023. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran di Luar Kelas pada Murid Tunanetra Kelas IV di SLB A YAPTI Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Tatiana Meidina, M.Si dan Dr.H.Syamsuddin,M.Si, Program Studi Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan hasil belajar IPA melalui strategi pembelajaran di luar kelas pada murid tunanetra kelas IV di SLB A YAPTI Makassar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengenal bagian-bagian tumbuhan pada murid tunanetra. Adapun rumusan masalahnya yaitu “Bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA melalui strategi pembelajaran di luar kelas pada murid tunanetra kelas IV di SLB A Yapti Makassar?”. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang murid kelas IV di SLB A YAPTI Makassar yang berinisial LT. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Single Subject Research (SSR) yaitu memfokuskan pada data individu sebagai subjek penelitian dengan desain penelitian menggunakan A-B-A. Kesimpulan penelitian ini: 1) Kemampuan mengenal bagian-bagian tumbuhan murid tunanetra kurang pada kondisi baseline 1 (A1) memperoleh nilai sama atau tetap. 2) Kemampuan mengenal bagian�bagian tumbuhan murid tunanetra meningkat ke kategori baik pada kondisi intervensi (B). 3) Kemampuan mengenal bagian-bagian tumbuhan murid tunanetra meningkat ke kategori baik pada kondisi baseline 2 (A2). 4) Kemampuan mengenal bagian�bagian tumbuhan murid tunanetra berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu pada kondisi baseline 1 (A1) kemampuan murid tunanetra kurang, meningkat ke kategori baik pada kondisi intervensi (B), dan pada kondisi baseline 2 (A2) mengalaami penurunan akan tetapi lebih baik dibanding kondisi baseline 1 (A1). Dengan demikian kemampuan mengenal bagian-bagian tumbuhan murid tunanetra meningkat, hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari pemberian intervensi (B) melalui strategi pembelajaran di luar kelas. Kata Kunci: Hasil belajar, Pembelajaran di luar kelas, Tunanetra.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 May 2024 07:17
Last Modified: 30 May 2024 07:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35320

Actions (login required)

View Item View Item