PENGENALAN HURUF MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SLB YPBB BUNGA BIRAENG

Muh. Ilham Syah (2024) PENGENALAN HURUF MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SLB YPBB BUNGA BIRAENG.

[img] Text
Muh_Ilham_Syah_Jurnal[1].pdf

Download (328kB)

Abstract

Muh. Ilham Syah, 2022. Pengenalan Huruf Menggunakan Video Animasi Bagi Anak Tunagrahita Di SLB YPBB Bunga Biraeng. Skripsi. Jurusan Pendidikan Khusus. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd dan Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd). Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak tunagrahita. Adapun rumusan masalah dengan menggunakan video animasi bagi anak tunagrahita di SLB YPBB Bunga Biraeng yang diberi perlakuan menggunakan video animasi huruf. Tujuan penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan mengenal huruf dengan menggunakan video animasi bagi anak tunagrahita SLB YPBB Bunga Biraeng. Penelitian ini menjabarkan bagaimana kemampuan anak tunagrahita sebelum diberikan intervensi, selama intervensi dan setelah diberi intervensi. Adapun jenis Penelitian ini adalah Experiment dengan pendekatan Kuantitatif. Desainpenelitian yang digunakan yaitu Singel Subject Research menggunakan tahapan penelitian baseline A - B – A. Data yang dibutuhkan dikumpulkan melalui hasil observasi, tes dan dokumentasi berupa data subjek. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif untuk mendeskripsikan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian, dan Analisis Visual yang terbagi menjadi analisis dalam kondisi yang meliputi komponen a) panjang kondisi; b) estimasi kecenderungan arah; c) kecenderungan stabilitas; d) jejak data; e) level stabilitas dan rentang, serta f) perubahan level. Selanjutnya analisis antar kondisi meliputi komponen a) jumlah variabel; b) perubahan kecenderungan dan efeknya; c) perubahan stabilitas; d) perubahan level, dan; e) data overlap. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan kemampuan mengenal huruf pada anak tunagrahita mengalami peningkatan pada kondisi A1/B mendapatkan hasil meningkat dan pada kondisi B/A2 juga mengalami peningkatan. Kata Kunci: Mengenal Huruf, Video Animasi, Tunagrahita

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 May 2024 07:14
Last Modified: 30 May 2024 07:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35319

Actions (login required)

View Item View Item