PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN MELALUI MEDIA QUIET BOOK BAGI SISWA TUNANETRA KELAS IV DI SLB JENETALLASA

Nahlah Salsabila Badaru (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN MELALUI MEDIA QUIET BOOK BAGI SISWA TUNANETRA KELAS IV DI SLB JENETALLASA.

[img] Text
Jurnal+Nahlah.pdf

Download (643kB)

Abstract

Nahlah Salsabila Badaru, 2023. Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Melalui Media Quiet Book bagi Siswa Tunanetra Kelas IV di SLB Jenetallasa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Usman, M.Si selaku pembimbing 1 dan Dr. H. Syamsuddin, M.Si selaku pembimbing 2; Jurusan Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah siswa tunanetra kelas IV SLB Jenetallasa yang memiliki kemampuan berhitung rendah sehingga belum sepenuhnya menguasai konsep penjumlahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui kemampuan berhitung siswa tunanetra sebelum penggunaan media quiet book. (2) Mengetahui kemampuan berhitung penjumlahan siswa tunanetra setelah penggunaan media quiet book. (3) Mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan berhitung penjumahan pada siswa tunanetra melalui penggunaan media quiet book. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu mengetahui peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan pada siswa tunanetra melalui penggunaan media quiet book, serta menggambarkan kemampuan berhitung penjumlahan sebelum dan setelah penggunaan media quiet book pada siswa tunanetra. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif untuk memperoleh gambaran kemampuan berhitung penjumlahan siswa tunanetra kelas IV di SLB Jenetallasa sebelum dan setelah penggunaan media quiet book menggunakan nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung penjumlahan siswa tunanetra kelas IV di SLB Jenetallasa sebelum penggunaan media quiet book berada pada kategori sangat kurang, kemudian setelah penggunaan media quiet book terjadi peningkatan ke kategori baik. Dengan demikian terdapat peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan pada siswa tunanetra kelas IV di SLB Jenetallasa melalui penggunaan media quiet book dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa tunanetra kelas IV di SLB Jenetallasa Kata Kunci: Kemampuan berhitung Penjumlahan, Quiet Book, Tunanetra

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 May 2024 07:08
Last Modified: 30 May 2024 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35318

Actions (login required)

View Item View Item