Nur Raoda Sari (2024) STRATEGI GURU PAUD DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN BERBICARA (SPEECH DELAY) DI RA GERHANA ALAUDDIN (STUDI KASUS PADA DUA ANAK SPEECH DELAY).
Text
ARTIKEL NUR RAODA SARI.pdf Download (640kB) |
Abstract
Nur Raoda Sari, 2024. Strategi Guru PAUD dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak yang Mengalami Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) di RA Gerhana Alauddin (Studi Kasus Pada Dua Anak Speech Delay). Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Syamsuardi dan Fitriani Dzulfadhilah). Bahasa dan kemampuan berbicara memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, karena keduanya berfungsi sebagai alat komunikasi. Melalui berbicara, seseorang dapat melakukan komunikasi secara langsung, menyampaikan pesan sehingga orang lain memahami maksud atau harapannya. Fokus penelitian ini adalah strategi guru dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak yang mengalami keterlambatan berbicara (speech delay) di RA Gerhana Alauddin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan anak didik yang mengalami keterlambatan berbicara (speech delay). Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di RA Gerhana Alauddin guru menerapkan beberapa strategi dalam menangani anak yang mengalami keterlambatan berbicara (speech delay) yaitu (1) memperbaiki pengucapan kata anak, (2) mengajak anak berbicara, (3) memberikan media buku bergambar, dan (4) membacakan dogeng. Dengan strategi ini anak menunjukkan peningkatan dalam pengejaan kata, menyatakan keinginan mereka secara verbal, dan merespons tanpa menggunakan bahasa non-verbal. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan mendalam tentang strategi yang efektif dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak yang mengalami keterlambatan berbicara (speech delay). Kata Kunci: kemampuan berbicara, keterlambatan berbicara, strategi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 30 May 2024 06:04 |
Last Modified: | 30 May 2024 06:04 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35316 |
Actions (login required)
View Item |