Ira Reski Awalia (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK USIA 5-6TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK NURUL IKHSAN BILANRENGI.
Text
Artikel.pdf Download (151kB) |
Abstract
Ira Reski Awalia, 2024. Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Nurul Ikhsan Bilanrengi, (dibimbing oleh Syamsuardi, Rika Kurnia) Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan pemecahan masalah anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Ikhsan Bilanrengi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun dengan jumlah 41 anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari 32 anak, 16 anak kelompok eksperimen, 16 anak kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari uji prasyarat dan uji paired sampel t-test. Berdasarkan hasil penelitian uji paired sampel t-test, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang kurang dari nilai alpa 0,05, berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Ikhsan Bilanrengi. Dari hasil analisis paired sample t-test dapat dibuktikan bahwa hasil hipotesis penelitian yang telah dirumuskan yaitu ada perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Ikhsan Bilanrengi, karena Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan pemecahan masalah anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Ikhsan Bilanrengi. Kata kunci : Pembelajaran Berdiferensiasi, Kemampuan Pemecahan Masalah
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 30 May 2024 03:05 |
Last Modified: | 30 May 2024 03:05 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35309 |
Actions (login required)
View Item |