Fakhita Indira Haris (2024) PENGARUH MEDIA FUN THINKERS BOOK TERHADAP KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK NURUL TAQWA PATTUNGGALENGANG, KABUPATEN GOWA.
Text
JURNAL.pdf Download (453kB) |
Abstract
Fakhita Indira Haris, 2024. Pengaruh Media Fun Thinkers Book terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 5 -6 Tahun di TK Nurul Taqwa Pttunggalengang, Kabupaten Gowa. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Muhammad Yusri Bachtiar, Fitriani Dzulfadhilah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media fun thinkers book terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Taqwa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis Quasi eksperimen design. Desain penelitian yang digunakan adalah Non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah Kelompok B TK Nurul Taqwa Pattunggalengang, Kabupaten Gowa dengan jumlah 30 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga subjek dalam penelitian ini sebanyak 20 anak usia 5-6 tahun. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Metode yang diterapkan melibatkan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik nonparametrik dengan uji Wilcoxon. Hasil dari uji hipotesis menggunakan perangkat lunak SPSS menunjukkan bahwa dengan nilai data sebesar 2,271 dan signifikansi (2-tailed) sebesar 0,023 < 0,05, hipotesis H1 diterima sementara H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh media fun thinkers book terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5 – 6 tahun di TK Nurul Taqwa Pattunggalengang, Kabupaten Gowa. Kata Kunci : media fun thinkers book, kecerdasan logika matematika, anak usia dini
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 30 May 2024 02:57 |
Last Modified: | 30 May 2024 02:57 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35308 |
Actions (login required)
View Item |