Dwi Evayanti Hamrullah (2024) PENGGUNAAN SEARCH ENGINE TERHADAP PENGEMBANGAN SELF-REGULATED LEARNING MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
Artikel - Dwi Evayanti Hamrullah.pdf Download (202kB) |
Abstract
Dwi Evayanti Hamrullah, 2023. Penggunaan Search Engine Terhadap Pengembangan Self-Regulated Learning Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Program Studi Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing Dr. H. Abd. Haling dan Dr. Arnidah.) Perkembangan teknologi informasi yang terjadi saat ini yang sejalan dengan cepatnya pertambahan pengguna internet juga semakin bertambah pula informasi yang tersedia di internet, dengan menggunakan search engine mereka dapat mengakses berbagai nformasi dalam bentuk apapun di internet, sehingga dapat memudahkan mahasiswa dalam mendukung proses pembelajaran mereka. Mahasiwa setidaknya mempunyai kemandirian belajar, dalam dunia pendidikan kemandirian belajar dapat dikenal dengan self-regulated learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; apakah ada atau tidak hubungan penggunaan search engine terhadap pengembangan self-regulated learning pada mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yaitu ex post facto. Populasinya adalah mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar, sejumlah 150. Pengambilan sampel dipilih dengan teknik Random Sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 60 responden (40%) dari 150 jumlah populasi. Lokasi penelitian dilakukan di kampus Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNM, kemudian variabel dalam penelitian ini yaitu search engine (X) dan self-regulated learning (Y). Analisis data menggunakan analisis statistik desktriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) intensitas penggunaan search engine pada mahasiswa berada pada kategori sedang, (2) kemampuan self-regulated learning pada mahasiswa berada pada kategori sedang, dan (3) ada hubungan pada penggunaan search engine terhadap pengembangan self-regulated learning pada mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Kata kunci: Search Engine, Self-Regulated Learning, Internet, Mahasiswa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 30 May 2024 02:13 |
Last Modified: | 30 May 2024 02:13 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35305 |
Actions (login required)
View Item |