Lathifa Thun Nisa (2024) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SD 5 PADANGTANGALAU KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN.
Full text not available from this repository.Abstract
Lathifa Thun Nisa, 2023 Kepemimpinan Kepala Sekolah di SD 5 Padangtangalau Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, skripsi Program Studi Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh pembimbing Prof. Dr. Ismail Tolla, M.Pd dan pembimbing II Dr. Ed. Faridah, ST., M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepemimpinan Kepala Sekolah dan faktor yang membentuk gaya kepemimpinan Kepala Sekolah di SD 5 Padangtangalau Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu kepala sekolah dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian, metode keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan Kepala Sekolah di SD 5 Padangtangalau Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan cenderung berbentuk demokratis dan relasional karena berdasarkan wawancara, beberapa informan menyatakan bahwa dalam menyelesaikan masalah, Kepala Sekolah tidak menyudutkan pihak tertentu dan bermusyawarah. Kepala Sekolah terbuka dan selalu mendengarkan saran dan tanggapan serta mengambil solusi yg terbaik. Karakteristik pemimpin cenderung feminism, Kepala Sekolah menyusun strategi dan kebijakan yang diterapkan untuk meningkatkan kompetensi sosial guru dengan kerjasama, musyawarah dan menjaga hubungan baik dengan lembaga pemerintah. Faktor-faktor yang membentuk gaya kepemimpinan Kepala Sekolah di SD 5 Padangtangalau Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan yaitu 1) Kepemimpinan pembelajaran menciptakan lingkungan belajar yang hidup, menantang, nyaman dan menyenangkan; mengkomunikasikan optimisme dan kepercayaan diri terhadap potensi siswa di sekolahnya, 2) Kepemimpinan intelektual yang dapat membantu dalam mengambil keputusan, 3) Kepemimpinan organisasi yaitu mampu merencanakan dan mengimplementasikan kebijakan yang mendukung tujuan pendidikan, 4) Kepemimpinan personal yaitu meliputi kemampuan Kepala Sekolah untuk menginspirasi dan memotivasi para guru dan siswa di sekolah, dan 5) Kepemimpinan relasional berhubungan dengan kemampuan kepala sekolah untuk membangun hubungan yang baik dengan seluruh warga sekolah lainnya, seperti orang tua siswa dan komunitas sekitar. Kepala Sekolah saat ini lebih cenderung melakukan gaya kepemimpinan relasional karena berdasarkan hasil wawancara, Kepala Sekolah tidak membeda-bedakan antar bawahannya dan orientasi kepemimpinan yang dimunculkan adalah hubungan baik antara warga sekolah. Kata kunci: kepemimpinan, kepala sekolah, SD
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 30 May 2024 01:53 |
Last Modified: | 30 May 2024 01:53 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35303 |
Actions (login required)
View Item |