IMPLEMENTASI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PADA TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMK NEGERI 8 MAJENE

INDAH DISNAWATI (2024) IMPLEMENTASI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PADA TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMK NEGERI 8 MAJENE.

[img] Text
JURNAL INDAH DISNAWATI.pdf

Download (963kB)

Abstract

INDAH DISNAWATI., 2023. Implementasi Standar Operasional Prosedur Pada Tenaga Administrasi Sekolah di SMK Negeri 8 Majene. Dibimbing oleh Ibu Dr.Wahira.M.Pd dan Bapak Sumarlin Mus.S.Pd.M.Pd Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Penelitian ini mengkaji Implementasi Standar Operasional Prosedur Sekolah di SMK Negeri 8 Majene berfokus pada tenaga Administrasi Sekolah dan factor pendukung serta factor penghambat dalam implementasinya. Dengan pendekatan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Sumber data penelitian ini ialah Kepala Sekolah, Kepala Tenaga Administrasi dan Staf Administrasi. Menggunakan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian di analisis dengan Teknik analisis data yang dimulai dari tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahan penyajian data, hingga pada tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Standar Operasional Prosedur Pada Tenaga Administrasi Sekolah di SMK Negeri 8 Majene khususnya pada tenaga administrasi sekolah masih kurang maksimal. Hal ini, ditinjau dari empat hal yang diperlukan dalam implementasi Standar Operasional Prosedur disekolah ialah analisis kebutuhan, pengembangan, penerapan hingga monitoring dan evaluasi. 1) Pada analisis kebutuhan kinerja para tenaga administrasi dalam memberikan pelayananan belum maksimal dikarenakan beberapa tenaga administrasi masih kurang dalam memahami IT, 2) Lalu pada pengembangan ditemukan standar administrasi yang dibuat oleh SMK Negeri 8 Majene belum memadai dan masih perlu dilakukan penataan agar lebih jelas dalam pelaksanaannya. 3) Pada Penerapan terkait estimasi waktu yang diperlukan belum memenuhi standar, sehingga masih memungkinkan adanya keterlambatan yang menyebabkan implementasinya melebihi estimasi waktu yang diperlukan. Selain itu, 4) melalui hasil monitoring dan evalusi yaitu dengan membuat catatan/laporan hasil kerja para tenaga administrasi sedangkan evaluasinya dilakukan saat rapat. 5)Faktor pendukung yakni pemanfaatan sumber daya dengan maksimal. Kompetensi Tenaga Administrasi yang sesuai dan faktor penghambatnya yakni pembiayaan, estimai waktu dalampelaksanaan tugas tidak sesuai, kurangnya tenaga administrasi serta sarana dan prasarana yang kurang memadai. Kata Kunci: SOP, Tenaga Administrasi, Sekolah

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 May 2024 07:21
Last Modified: 29 May 2024 07:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35300

Actions (login required)

View Item View Item