IMPLEMENTASI KURIKULUM DI PONDOK PESANTREN MODERN DAN MADRASAH TSANAWIYAH DAARUL QUR’AN PAJALELE KABUPATEN BONE

HIKMAH NURAYNI (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM DI PONDOK PESANTREN MODERN DAN MADRASAH TSANAWIYAH DAARUL QUR’AN PAJALELE KABUPATEN BONE.

[img] Text
Jurnal Hikmah Nurayni.pdf

Download (271kB)

Abstract

HIKMAH NURAYNI., 2023. Implementasi Kurikulum di Pondok Pesantren Modern dan Madrasah Tsanawiyah Daarul Qur’an Pajalele Kabupaten Bone. Dimbimbing oleh Bapak Drs.Andi Mappincara, M.Pd. dan Bapak Dr.Muh.Ardiansya,S.IP., M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Penelitian ini mengkaji Implementasi Kurikulum di Pondok Pesantren Modern dan Madrasah Tsanawiyah Daarul Qur’an Pajalele. Berfokus pada Implementasi kurikulum pada peserta didik boarding dan non-boarding dipesantren tersebut dan factor pendukung serta penghambat dalam implementasi kurikulumnya. Dengan pendekatan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Sumber data penelitian ini ialah Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum, Kepala TU madrasah, Kepala TU pondok dan Perwakilan Guru. Menggunakan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Kemudian di analisis dengan Teknik analisis data yang dimulai dari tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, Tahap Penyajian data, hingga pada tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi Kurikulum dipondok pesantren modern daarul qur’an pajalele dengan model boarding dan non-boarding: terdapat kurikulum 2013 dan kurikulum klasik pesantren yang diimplementasikan diPondok pesantren modern Daarul Qur’an Pajalele.Peserta didik boarding menjalankan kedua kurikulum ini sedangkan non-boarding hanya mengimplementasikan kurikulum 2013 yang dapat dikatakan hampir sama dengan madrasah pada umumnya. 2) Factor pendukung dan factor penghambat dalam implementasi kurikulum ialah kerjasama dan hubungan baik yang kuat antara guru, staff dan masyarakat sekitar dalam menjankan berbagai program kurikulum sekolah. Inovasi dan kreativitas serta komitmen terhadap rasa tanggung jawab sebagai guru yang tinggi. Sedangkan factor penghambatnya meliputi masih kurangnya media belajar, masih adanya beberapa siswa yang bersikap acuh tak acuh pada aturan sekolah, sarana-prasarana sekolah, serta kurangnya tenaga kependidikan. Kata kunci: Implementasi kurikulum, pesantren modern

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 May 2024 07:15
Last Modified: 29 May 2024 07:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35299

Actions (login required)

View Item View Item