Annisa Ardhana Febrianti (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 17 BANGKALA KABUPATEN JENEPONTO.
Text
ARTIKEL-ANNISA ARDHANA FEBRIANTI TAUFIQ (1947042025).pdf Download (194kB) |
Abstract
Annisa Ardhana Febrianti Taufiq, 2023. Penerpan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V UPT SD Negeri 17 Bangkala Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Drs. Lutfi B. M.Kes dan Dr. Amir Pada. M.Pd.). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di lingkup SD yakni rendahnya minat belajar siswa yang terlihat pada mata pelajaran IPS Kelas V di SD Negeri 17 Bangkala Kabupaten Jeneponto. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V UPT SD Negeri 17 Bangkala Kabupaten Jeneponto dilatar belakangi oleh permsalahan dikelas seperti banyaknya siswa yang masih belum memahami sepenuhnya setiap materi yang diajarkan pada pelajaran IPS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yang meliputi Perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru kelas V dan siswa kelas V UPT SD Negeri 17 Bangkala Kabupaten Jeneponto dengan jumlah siswa 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terdapat enam proses diantaranya, siswa dikelompokkan kedalam 4-5 orang anggota tim, tiap orang didalamnya diberikan bagian materi yang berbeda, anggota tim yang berbeda teleh mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelempok baru untuk mendiskusikan sub bab mereka, setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap kelompok kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka, guru memberi evaluasi mengenai pembelajaran yang telah di diskusikan, dan menutup pembelajaran. Setelah pembelajaran Siklus I penerapan model pembelajaran ini terbilang masih kurang optimal atau dalam kategori kurang, dilihat dari banyaknya siswa yang masih kebanyakan tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran siklus II dengan menggunkan model pembelajaran yang sama pada pembelajaran Siklus I, dapat terlihat aktivitas belajar siswa yang optimal terjadinya peningkatan, dapat dilihat dari banyaknya siswa pada Siklus II yang hasil belajarnya sudah meningkat berada pada kategori baik dan memenuri kriteria ketuntasan minimal (KKM). Adanya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam mata pelajaran IPS dapat dikatakan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V UPT SD Negeri 17 Bangkala Kabupaten Jeneponto. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, IPS
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 29 May 2024 07:02 |
Last Modified: | 29 May 2024 07:02 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35298 |
Actions (login required)
View Item |