PENGARUH MODEL CONTROVERSIAL ISSUES TERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn DI KELAS V UPT SPF SD INPRES UNGGULAN TODDOPULI KOTA MAKASSAR

NURHIDAYAH (2024) PENGARUH MODEL CONTROVERSIAL ISSUES TERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn DI KELAS V UPT SPF SD INPRES UNGGULAN TODDOPULI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL_NURHIDAYAH_1947042050.pdf

Download (731kB)

Abstract

NURHIDAYAH, 2023. Pengaruh Model Controversial Issues Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Pkn Di Kelas V Upt Spf Sd Inpres Unggulan Toddopuli, Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nurfaizah dan Nasaruddin) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran model pembelajaran Controversial Issues, untuk mengetahui gambaran kemampuan berpikir kreatif siswa, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Controversial Issues terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli Makassar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan bentuk Pretes-Posttest Control Group Design. Variabel penelitian ini adalah model Controversial Issues dan berpikir kreatif. Adapun populasi penelitian ini yaitu 62 siswa dengan Teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu kelas Va sebagai kelas eksperimen dan Vb sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi, sedangkan teknik analisisa data dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Controversial Issues pada pertemuan 1 66,7% dan pertemuan 2 88,9 %, pengaruh model Controversial Issues terhadap kemampuan berpikir siswa dari hasil Uji Independent Samples T-Test diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,001 nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,001<0,05). Sehingga keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran controversial issues terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli, Kota Makassar. Kata Kunci; model controversial issues, berpikir kreatif, pkn

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 May 2024 06:32
Last Modified: 29 May 2024 06:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35296

Actions (login required)

View Item View Item