PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V UPTD SD NEGERI 111 BARRU

NIRMALASARI RIDWAN (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V UPTD SD NEGERI 111 BARRU.

[img] Text
ARTIKEL_NIRMALASARI RIDWAN.pdf

Download (709kB)

Abstract

NIRMALASARI RIDWAN, 2023 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Khaerunnisa dan Rahmawati Patta) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengaruh pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru, untuk mengetahui gambaran kemampuan berpikir kritis ssiwa kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru, setelah pelaksanaan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V UPTD SD Negeri 11 Barru. Variabel yang diteliti yaitu terdiri dari Model pembelajaran berbasis proyek dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran berbasis proyek, Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-experimental Designs dengan bentuk pretest dan posttest control group design. Variabel penelitian ini adalah model project based learning dan keterampilan berpikir. Adapun populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas Va dan Vb UPTD SD Negeri 111 Barru dengan jumlah 29 orang. Sampel yang terpilih berdasarkan teknik sampel non probality sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Gambaran Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru (2) Gambaran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru (3) Terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru. Keywords: Critical thinking skills, project based learning model.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 May 2024 06:21
Last Modified: 29 May 2024 06:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35295

Actions (login required)

View Item View Item