Khaerul Akbar (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BUKU BACAAN BERJENJANG PADA SISWA KELAS I SDN 225 ALLU KABUPATEN BULUKUMBA.
Text
Artikel_Khaerul Akbar.pdf Download (1MB) |
Abstract
Khaerul Akbar, 2023. Peningkatan Keterampialan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Buku Bacaan Berjenjang Pada Siswa Kelas I SDN 225 Allu Kabupaten Bulukumba. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Faisal dan Amir Pada). Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan keterampilan membaca permulaan siswa serta penggunaan media yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui penggunaan media buku bacaan berjenjang pada siswa Kelas I SDN 225 Allu, Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Fokus penelitian imi adalah peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media buku bacaan berjenjang. Setting penelitian ini adalah SDN 225 Allu Kabupaten Bulukumba. Adapun subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas I SDN 225 Allu pada kelas tersebut terdapat 1 guru kelas dan 18 siswa yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Hasil dari pelaksanaan tindakan siklus I dan II pembelajaran membaca permulaan melalui buku bacaan berjenjang menunjukkan bahwa proses dan hasil mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes keterampilan membaca menunjukkan nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan keberhasilan mengalami peningkatan. Nilai rata-rata pada siklus I berada pada kategori baik dan ketuntasan klasikal berada pada kategori kurang. Siswa yang mengalami ketuntasan mengalami peningkatan sebanyak 3 siswa. Pada siklus II nilai rata-rata berada pada kategori baik sekali dan ketuntasan klasikal berada pada kategori baik sekali. Siswa yang mencapai ketuntasan pada siklus II menjadi 16 dari 18 siswa. Siswa yang mencapai ketuntasan meningkat sebanyak 7 siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah keterampilan membaca permulaan siswa dapat meningkat melalui media buku bacaan berjenjang pada siswa kelas I SDN 225 Allu Kabupaten Bulukumba. Kata Kunci: Keterampilan Membaca Permulaan, Media Buku Bacaan Berjenjang
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 29 May 2024 06:04 |
Last Modified: | 29 May 2024 06:04 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35293 |
Actions (login required)
View Item |