PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP NILAI-NILAI PANCASILA PADA PEMBELAJARAN PKn DI KELAS III SDN NO.81 KALUKUBODO KABUPATEN TAKALAR

FEBRIANTY MUHTAR (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP NILAI-NILAI PANCASILA PADA PEMBELAJARAN PKn DI KELAS III SDN NO.81 KALUKUBODO KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
Artikel_Febrianty Muhtar_1847142026_PGSD FIP UNM.pdf

Download (931kB)

Abstract

FEBRIANTY MUHTAR, 2023, Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap penguasaan konsep nilai-nilai pancasila pda pelajaran PKn di kelas III SDN NO.81 Kalukubodo Kabupaten Takalar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh (Nurfaizah AP. Dan Syamsuryani Eka Putri Atjo.) Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya Penguasaan Konsep Nilai- Nilai Pancasila siswa pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menggambarkan Penerapan Model Problem Based Learning pada pembelajaran PKn terhadap siswa Kelas III SDN NO.81 Kalukubodo Kabupaten Takalar (2) menggambarkan Penguasaan Konsep Nilai-Nilai Pancasila pada pembelajaran PKn terhadap siswa Kelas III SDN NO. 81 Kalukubodo Kabupaten Takalar, (3) mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Penguasaan Konsep Nilai-Nilai Pancasila Pada Pembelajaran PKn di Kelas III SDN NO. 81 Kalukubodo Kabupaten Takalar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Kuantitatif Eksperimen dan desain penelitian Quasi Eksperiment Design. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas III SDN NO. 81 Kalukubodo Kabupaten Takalar. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini berdasarkan Teknik sampling jenuh yaitu siswa Kelas III SDN NO. 81 Kalukubodo Kabupaten Takalar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu anlisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan independent sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini yakni (1) proses pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) terlaksana dengan sangat baik, (2) Hasil belajar PKn memperoleh nilai yang lebih tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan dengan hasil belajar PKn pada kelas kontrol. Hal tersebut ditinjau dari nilai rata-rata Posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (3) Penggunaan model Problem Based Learning (PBL) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar PKn yang diajarkan dengan menerapkan model Problem Based Learning dan tanpa menerapkan model Problem Based Learning. Kata Kunci: Penguasaan Konsep Nilai-Nilai Pancasila, Pembelajaran PKn, Model Problem Based Learning (PBL).

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 May 2024 05:47
Last Modified: 29 May 2024 05:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35291

Actions (login required)

View Item View Item