Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Pada Siswa Kelas V SDN 12 Malaka Kabupaten Pangkep

Ahmad Fadhlan (2024) Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Pada Siswa Kelas V SDN 12 Malaka Kabupaten Pangkep.

[img] Text
ARTIKEL_AHMAD_FADHLAN_1847042036 (1).pdf

Download (577kB)

Abstract

Ahmad Fadhlan, 2023. Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Pada Siswa Kelas V SDN 12 Malaka Kabupaten Pangkep. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. UnVersitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muh.Faisal dan Hotimah). Rendahnya minat belajar siswa salah satunya dikarenakan gaya mengajar guru yang masih konvensional. Guru belum sepenuhnya memanfaatkan penggunaan model pembelajaran sebagai penunjang berhasilnya peroses pembelajaran. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan minat belajar menggunakan model Pembelajaran inquiri terbimbing pada siswa kelas V SDN 12 Malaka Kabupaten Pangkep. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasilnya meliput: penggunaan langkah-langkah model pembelajaran inquiri terbimbing dapat berjalan dengan baik dan meningkatkan minat belajar kelas V SDN 12 Malaka Kabupaten Pangkep. Dalam menggunakan model ini, kualitas proses pembelajaran mengalami peningkatan. Sehingga, dapat disimpulkan bahawa penggunaan model inquiry terbimbing dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V SDN 12 Malaka. Kata Kunci : Minat Belajar, Model Pembelajaran, Inquiri Terbimbing

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 May 2024 07:12
Last Modified: 28 May 2024 07:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35289

Actions (login required)

View Item View Item