PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP SIKAP KERJA SAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV UPT SPF SD NEGERI SUDIRMAN III MAKASSAR

Ines Kala’Tiku (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP SIKAP KERJA SAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV UPT SPF SD NEGERI SUDIRMAN III MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Ines.pdf

Download (795kB)
[img] Text
Artikel Ines.pdf

Download (795kB)

Abstract

Ines Kala’Tiku, 2023. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Sikap Kerja Sama Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Di Kelas IV UPT SPF Sd Negeri Sudirman III. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Hamzah Pagarra dan Siti Raihan). Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan sikap kerja sama siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui gambaran pelaksanaan model pembelajaran Project Based Learning, 2) untuk mengetahui gambaran kerja sama siswa setelah penerapan Project Based Learning, 3) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan kerja sama siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Sudirman III Makassar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experimen dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Sudirman III Makassar dengan jumlah siswa 44 orang. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu IVA dengan jumlah 22 siswa yang di pilih dengan teknik simple random sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi kerja sama. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning berjalan dengan baik. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independen sample t-test menunjukkan terdapat perbedaan hasil lembar observasi post non test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang berarti adanya peningkatan sikap kerja sama siswa pada kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: 1) proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran project based learning berlangsung dengan baik, 2) hasil skor lembar observasi siswa menunjukkan adanya peningkatan sikap kerja sama siswa dalam pembelajaran; 3) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning terhadap sikap kerja sama siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Sudirman III Makassar. Kata kunci: Model pembelajaran project based learning, sikap kerja sama siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 May 2024 06:38
Last Modified: 28 May 2024 06:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35288

Actions (login required)

View Item View Item