FATIMA. N (2024) EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KESISWAAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 SINJAI.
Text
Artikel Fatima. N.pdf Download (826kB) |
Abstract
FATIMA. N, 2023. Efektivitas Pelayanan Administrasi Kesiswaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Sinjai. Dibimbing oleh Sumarlin Mus, S.Pd, M.Pd dan Hasan, S.Pd.I., M.Pd. Jurusan Administrasi Pendiidkan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universiras Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Efektivitas Pelayanan Administrasi Kesiswaan di Sekolah Menengah Atas Negeri Sinjai. Fokus penelitian ini yaitu bagaimana gambaran pelayanan administrasi kesiswaan dan faktor pendukung dan penghambat pelayanan administrasi kesiswaan di SMA Negeri 6 Sinjai. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah staf tenaga administrasi dan siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Efektivitas pelayanan administrasi kesiswaan di SMA Negeri 6 Sinjai yaitu (a) Dilihat dari aspek waktu pelayanan yang dilakukan tenaga administrasi kesiswaan melakukan dan menyelesaikan tugasnya dalam melakukan pelayanan sesuai dengan SOP yang ada, tetapi ada beberapa pekerjaan yang lebih cepat dari waktu yang telah ditetapkan pada SOP. (b) Dilihat dari aspek kecermatan, proses pemberian pelayanan yang dilihat dari kecermatan dan ketelitian staf administrasi kesiswaan di SMA Negeri 6 Sinjai dalam melayani siswa yaitu dengan memeriksa secara seksama kelengkapan berkas atau hal-hal yang dibutuhkan siswa agar tidak terjadi kesalahan dan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan biasaya staf memberikan sampel terlebih dahulu kemudian memperlihatkan kepada siswa sebelum membuat apa yang dibutuhkan oleh siswa. (c) Dilihat dari aspek gaya pemberian pelayanan, berdasarkan hasil analisis peneliti mengenai pelayanan administrasi kesiswaan dalam memberikan pelayanan secara prosfesional yaitu dengan bersikap ramah, sopan serta menyampaikan informasi dengan tutur kata yang baik dan mudah dimengerti oleh siswa. (2) Faktor pendukung pelayanan administrasi kesiswaaan di SMA negeri 6 Sinjai yaitu kesadaran staf, aturan dalam pelaksanaan pelayanan administrasi, kondisi kerjadan sarana dan prasarana. Faktor penghambat pelayanan administrasi kesiswaan di SMA Negeri 6 Sinjai yaitu dengan sistem yang serba online seringkali server susah diakses karena sinyal yang kurang bagus. Kata Kunci : Pelayanan, Administrasi Kesiswaan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 28 May 2024 06:28 |
Last Modified: | 28 May 2024 06:28 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35287 |
Actions (login required)
View Item |