PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD INPRES MALLENGKERI BERTINGKAT 1 KOTA MAKASSAR

ASTATI (2024) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD INPRES MALLENGKERI BERTINGKAT 1 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Astati1947041020.docx.pdf

Download (419kB)

Abstract

ASTATI, 2023. . Penerapan Metode Role Playing (Bermain peran) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa Matematika Siswa Kelas III SD Inpres Mallengkeri Bertingkat 1 kota makassar. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (di bimbing oleh Latri Aras dan Rahmawati Patta) Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas III SD Inpres Mallengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan metode bermain peran (role playing) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Inpres Mallengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SD Inpres Mallengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar yang berjumlah 17 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran (role playing) dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Inpres Mallengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar setiap siklusnya. Berdasarkan data yang di peroleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II diketahui bahwa, proses hasil belajar siswa pada siklus I di temukan berada pada kategori Cukup (C), kemudian pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik (B) mencapai indikator keberhasilan yang di tetapkan. Sehingga dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran (role playing) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada kelas III SD Inpres Mallengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Role Playing (Bermain peran), hasil belajar, matematika

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 May 2024 06:17
Last Modified: 28 May 2024 06:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35286

Actions (login required)

View Item View Item