ANALISIS PENYEBAB PENYANDANG DISABILITAS DI KOTA MAKASSAR TIDAK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE JENJANG PERGURUAN TINGGI

Resky Yusmar Pasorong (2024) ANALISIS PENYEBAB PENYANDANG DISABILITAS DI KOTA MAKASSAR TIDAK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE JENJANG PERGURUAN TINGGI.

[img] Text
JURNAL_RESKY YUSMAR PASORONG_1645041020_082749.docx.pdf

Download (200kB)

Abstract

Resky Yusmar Pasorong, 2023. Analisis Penyebab Penyandang Disabilitas di Kota Makassar Tidak Melanjutkan Pendidikan ke Jenjang Perguruan Tinggi. Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Dr. Mustafa, M.Si. dan Prof. Dr. H. Abdul Hadis, M.Pd) Penelitian ini berangkat dari masalah minimnya penyandang disabilitas yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apa saja yang menjadi alasan dari penyandang disabilitas tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi?, (2) Apakah ada pengaruh dari lingkungan terhadap keputusan penyandang disabilitas tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi?, (3) Bagaimana minat penyandang disabilitas untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pergururan tinggi?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor penyebab penyandang disabilitas tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah penyandang disabilitas yang telah menyelesaikan masa studinya di tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas) namun tidak melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan adanya adanya berabagai faktor yang menyebabkan penyendang disabilitas tidak melanjutkan pendidikan, faktor tersebut terbagi menjadi faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor yang berasal dari dalam adalah dikarenakan sudah tidak lagi memiliki minat untuk berkuliah dan lebih memilih untuk bekerja. Sedangkan faktor yang berasal dari lingkungan ialah, adanya ketidakmampuan secara finansial, adanya diskrimanasi dari lingkungan sekitar, minmnya ketersediaan sarana dan prasana yang memadai bagi penyandang disabilitas di lingkup perguruan tinggi. Kata kunci : Penyandang Disabilitas, Perguruan Tinggi, Faktor Eksternal, Faktor Internal

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 May 2024 03:03
Last Modified: 28 May 2024 03:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35282

Actions (login required)

View Item View Item