MENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH BRAILLE MELALUI PENERAPAN METODE IQRO’ BRAILLE PADA ANAK TUNANETRA DI SLB NEGERI PAMBOANG

MUH.AL-QADRI (2024) MENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH BRAILLE MELALUI PENERAPAN METODE IQRO’ BRAILLE PADA ANAK TUNANETRA DI SLB NEGERI PAMBOANG.

[img] Text
jurnal skripsi alqadri.pdf

Download (488kB)

Abstract

MUH.AL-QADRI, 2022. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Braille Melalui Penerapan Metode Iqro’ Braille pada Murid Tunanetra Di SLB NEGERI PAMBOANG. Skripsi ini dibimbing oleh Prof.Dr.H.Abdul Hadis,M.Pd dan Dr.H.Syamsuddin,M.Si Program studi Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini berangkat dari masalah rendahnya kemampuan mengenal huruf hijaiyah braille pada murid tunanetra di SLB NEGERI PAMBOANG.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan metode Iqro’ Braille dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf Hijaiyah Braille pada anak tunanetra.Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Iqro’ Braille dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf Hijaiyah Braille pada murid tunanetra. (2) Untuk mengetahui kemampuan anak dalam mengenali huruf Hijaiyah Braille melalui penerapan metode Iqro’ Braille. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang disajikan dalam bentuk diagram batang. Adapun subjek penelitian ini adalah murid tunanetra kelas dasar V di SLB NEGERI PAMBOANG yang berjumlah 1 orang murid.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah braille pada murid tunanetra di SLB NEGERI PAMBOANG setelah penerapan metode Iqro’ braille.Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan nilai yang diperoleh murid telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yakni 70.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf hijaiyah braille pada murid tunanetra di SLB NEGERI PAMBOANG sebelum penerapan metode Iqro’ braille berada dalam kategori sangat kurang (30). Sedangkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah braille pada murid tunanetra di SLB NEGERI PAMBOANG setelah penerapan metode Iqro’ braille berada dalam kateri baik sekali (90). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) Kemampuan mengenal huruf hijaiyah braille pada murid tunanetra di SLB NEGERI PAMBOANG sebelum diberikan perlakuan dengan penerapan metode Iqro’ braille berada dalam kategori Sangat Kurang. (2) Kemampuan mengenal huruf hijaiyah braille pada murid tunanetra di SLB NEGERI PAMBOANG setelah diberi perlakuan dengan penerapan metode Iqro’ braille berada dalam kategori Baik Sekali. (3) Terdapat peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah braille melalui penerapan metode Iqro’ braille pada murid tunanetra di SLB NEGERI PAMBOANG. Kata kunci: Huruf Hijaiyah Braille, Metode Iqro’ Braille, Tunanetra

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 May 2024 02:52
Last Modified: 28 May 2024 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35280

Actions (login required)

View Item View Item