HUBUNGAN PERHATIAN ORANGTUA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK PRIMA NUSANTARA KABUPATEN GOWA

NURILHAM HIDAYAT HUBUNGAN PERHATIAN ORANGTUA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK PRIMA NUSANTARA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Jurnal Nurilham Hidayat.pdf

Download (564kB)

Abstract

NURILHAM HIDAYAT, 2023, Hubungan Perhatian Orangtua Dengan Kemandirian Belajar Anak Usia Dini Di TK Prima Nusantara Kabupaten Gowa (Dibimbing oleh Syamsul Bakhri Gaffar dan Suardi) Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang ditemukan di TK Prima Nusantara Kabupaten Gowa yaitu anak usia dini yang berusia 6 tahun masih banyak yang dibantu oleh orangtuanya dalam hal pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perhatian orangtua dengan kemandirian belajar anak usia dini di TK Prima Nusantara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk korelasi product moment. Desain penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Adapun Populasi dalam penelitian ini adalah semua orangtua yaitu ayah dan ibu anak usia dini di TK Prima Nusantara yang berjumlah 70 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu semua populasi ibu dari anak usia dini yang berjumlah 35 orang. Peneliti memilih ibu dari anak usia dini sebagai sampel penelitian karena ibu dianggap sebagai orang yang paling dekat dan paling mengerti dengan keadaan anaknya.Penelitian ini menggunakan teknik Saturation Sampling, yaitu penelitian yang mengambil semua populasi sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data antara lain angket dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data yaitu penyebaran angket kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan sistem IBM Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara perhatian orangtua dengan kemandirian belajar anak usia dini di TK Prima Nusantara Kabupaten Gowa, Hal ini diketahui dengan melakukan uji korelasi product moment yang menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi sebesar 0,741 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya adanya korelasi yang nyata (signifikan) dari variabel Perhatian Orangtua (X) dengan variabel Kemandirian Belajar Anak Usia Dini (Y). Dengan demikian berdasarkan tabel interpretasi koefisien korelatif maka tingkat hubungan korelasi antara variabel perhatian orangtua (X) dengan variabel kemandirian belajar anak usia dini (Y) yaitu sebesar 0,741 berada pada tingkat hubungan yang kuat. Kata Kunci : Perhatian Orangtua, Kemandirian Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 May 2024 02:40
Last Modified: 28 May 2024 02:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35276

Actions (login required)

View Item View Item