Pengembangan Media Kartu 3D Berbasis Augmented Reality Untuk Mengenalkan Huruf Vokal Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas 1 SEKOLAH LUAR BIASA PRIMAKARYA MAKASSAR.

TRIDITHA MELANY (2024) Pengembangan Media Kartu 3D Berbasis Augmented Reality Untuk Mengenalkan Huruf Vokal Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas 1 SEKOLAH LUAR BIASA PRIMAKARYA MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL LANI.pdf

Download (394kB)

Abstract

TRIDITHA MELANY, 2023. Pengembangan Media Kartu 3D Berbasis Augmented Reality Untuk Mengenalkan Huruf Vokal Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas 1 SEKOLAH LUAR BIASA PRIMAKARYA MAKASSAR. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Bastiana, M.Si dan Prof. Dr. H. Abdul hadis, M.Pd. Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini bertujuan mengembangkan media dalam proses pembelajaran siswa disabilitas Tunagrahita ringan dalam pengenalan huruf vokal. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D, augmented reality dalam pembuatan media. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Tahap pembuatan media memiliki empat tahapan, empat tahap pengembangan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate, untuk mengaktualkan media di lapangan. Tahapan meliputi perancangan, pengembangan, evaluasi, dan menyebarkan media mengenalkan huruf vokal pada anak tunagrahita ringan kelas 1 Sekolah Luar Biasa primakarya makassar untuk guru dalam pendidikan khusus di sekolah. Pengujian kelayakan media di lakukan oleh dua ahli instumen dan media dengan hasil hitung 98,7 persen kategori sangat baik, dan juga hasil data dari responden guru di sekolah luar biasa prima karya makassar menunjukkan hasil 79 persen, dengan data tersebut maka media mengenalkan huruf vokal pada anak tunagrahita ringan kelas 1 Sekolah Luar Biasa primakarya makassar dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran bagi siswa disabilitas tunagrahita ringan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Feb 2024 10:47
Last Modified: 23 Feb 2024 10:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35236

Actions (login required)

View Item View Item