Pengaruh Kegiatan Banana Stem Stamping dengan Bahan Alam Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Sorowako.

Nurhaliza Nurita Qalbu (2024) Pengaruh Kegiatan Banana Stem Stamping dengan Bahan Alam Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Sorowako.

[img] Text
Artikel.pdf

Download (329kB)

Abstract

Nurhaliza Nurita Qalbu, 2023. Pengaruh Kegiatan Banana Stem Stamping dengan Bahan Alam Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Sorowako. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Akil Musi, Rika Kurnia R.) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan banana stem stamping terhadap perkembangan motorik halus anak kelompok A di TK Sorowako. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang menekankan analisisnya pada data-data numerical (angka) yang diolah dengan metode statistika dengan jenis penelitian kuasi eksperimen (Quasi Experiment). Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Sorowako, dimana terdapat 10 anak dengan 5 anak sebagai kelompok kontrol dan 5 anak sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan rata-rata pada kelompok eksperimen yaitu 5.0, sedangkan kelompok kontrol peningkatan nilai rata-rata sebesar 1.0. Dimanaa diketahui bahwa dengan menggunakan metode Wilcoxon diperoleh nilai Sig. (2-tailed) kelas kontrol adalah 0,059 > 0,05 dan kelas eksperimen adalah 0,041 < 0,05 sesuai kriteria pengambilan keputusannya bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam kegiatan banana stem stamping dengan menggunakan bahan alam terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini di TK Sorowako.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Feb 2024 07:31
Last Modified: 23 Feb 2024 07:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35234

Actions (login required)

View Item View Item