Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Melalui Permainan Ular Tangga Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas Dasar IV di SLB Galesong

Hajarwati (2024) Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Melalui Permainan Ular Tangga Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas Dasar IV di SLB Galesong.

[img] Text
Jurnal_HAJARWATI_1945042017.pdf

Download (223kB)

Abstract

Hajarwati, 2023. Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Melalui Permainan Ular Tangga Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas Dasar IV di SLB Galesong . Skripsi Dibimbing oleh Dr. Mustafa, M. Si. Dan Prof. Dr. H. Abdul Hadis, M. Pd. Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunagrahita kelas IV di SLB Galesong. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunagrahita ringan sebelum penggunaan media ular tangga 2) Bagaimanakah kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunagrahita ringan selama penggunaan media ular tangga, 3) Bagaimanakah kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunagrahita ringan sesudah penggunaan media ular tangga, dan 4) Apakah ada peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan melalui penggunaan permainan ular tangga pada anak tunagrahita ringan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media ular tangga dalam meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunagrahita. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, sedangkan teknik analisis data adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan penjumlahan anak tunagrahita sebelum penggunaan media ular tangga dalam kategori sangat kurang mampu, sedangkan setelah penggunaan media ular tangga berada pada pada kategori mampu. Kesimpulannya bahwa penggunaan media ular tangga dapat meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan anak tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Galesong.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Feb 2024 06:21
Last Modified: 23 Feb 2024 06:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35229

Actions (login required)

View Item View Item