Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Membaca Murid Autis Kelas III di SD Inpres Maccini Baru

FATIMAH (2024) Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Membaca Murid Autis Kelas III di SD Inpres Maccini Baru.

[img] Text
ARTIKEL FATIMAH.pdf

Download (229kB)

Abstract

FATIMAH 2019 Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Membaca Murid Autis Kelas III di SD Inpres Maccini Baru. Dibimbing oleh Dr. Purwaka Hadi M.Si dan Drs. Djoni Rosyidi M.Pd. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan membaca murid autis kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Inpres Maccini Baru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan membaca pada murid Autis kelas III di SD Inpres maccini Baru Setelah Penerapan Metode Mind Mapping”. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui kemampuan membaca pada murid autis kelas III di SD Inpres Maccini Baru pada kondisi Baseline 1 (A1), 2) mengetahui kemampuan membaca pada murid autis kelas III di SD Inpres maccini baru pada kondisi Intervensi (B), 3) mengetahui penerapan metode Mind Mapping terhadap kemampuan membaca murid autis kelas III di SD Inpres Maccini Baru pada kondisi Baseline 2 (A2), 4) mengetahui kemampuan membaca pada murid autis kelas III di SD Inpres Maccini Baru berdasarkan hasil analisis antarkondisi dari baseline 1 (A1) ke Intervensi (B) dan dari Intervensi (B) ke baseline 2 (A2). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang murid autis kelas III di SD Inpres Maccini Baru yang berinisila D. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian kemampuan memabaca murid autis: 1) pada baseline 1 (A1) kategori sangat rendah, 2) intervensi (B) kategori rendah, 3) baseline 2 (A2) kategori cukup, 4) analisis antar kondisi tidak terjadi data tumpang tindih dan kemampuan membaca murid autis mengalami perubahan atau peningkatan. Dengan penerapan metode Mind mapping dapat meningkatkan kemampuan membaca murid autis kelas III di SD Inpres Maccini Baru. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan grafik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Mind mapping dapat meningkatkan kemampuan membaca pada murid autis kelas III di SD Inpres maccini Baru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Feb 2024 06:13
Last Modified: 23 Feb 2024 06:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35228

Actions (login required)

View Item View Item