Penerapan Role Playing untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V UPTD SDN 176 Barru Kecamatan Balusu Kabupaten Barru

Hasdawati Haris (2024) Penerapan Role Playing untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V UPTD SDN 176 Barru Kecamatan Balusu Kabupaten Barru.

[img] Text
538+ARTIKEL+NUR+23475-23481.pdf

Download (156kB)

Abstract

Hasdawati Haris, 2023. Penerapan Role Playing untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V UPTD SDN 176 Barru Kecamatan Balusu Kabupaten Barru. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Nur Abidah Idrus dan Lutfi B.) Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan rendahnya rasa percaya diri siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran koopertif tipe Role Playing untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V UPTD SDN 176 Barru. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V UPTD SDN 176 Barru dan guru wali kelas V UPTD SDN 176 Barru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V UPTD SDN 176 Barru. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan pada ketuntasan belajar keterampilan berbicara pada siswa kelas V UPTD SDN 176 Barru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Feb 2024 06:07
Last Modified: 23 Feb 2024 06:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35226

Actions (login required)

View Item View Item