Pengaruh Penerapan Strategi Movie Learnig terhadap Minat Belajar pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas III SDN 31 Bontomacinna Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba

Vanezal Dwiyasta (2024) Pengaruh Penerapan Strategi Movie Learnig terhadap Minat Belajar pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas III SDN 31 Bontomacinna Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba.

[img] Text
PJE_VANEZAL DWIYASTA.pdf

Download (779kB)

Abstract

Vanezal Dwiyasta, 2023. Pengaruh Penerapan Strategi Movie Learnig terhadap Minat Belajar pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas III SDN 31 Bontomacinna Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh dosen atas nama Nasaruddin dan Syamsuryani Eka Putri Atjo pada Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa kelas III SDN 31 Bontomacinna Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Penerapan Strategi Movie Learning pada pembelajaran IPA, (2) Minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA, (3) Pengaruh Strategi Movie Learnig terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test dengan jenis Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses pembelajaran dengan menerapkan strategi movie learning setiap pertemuan mengalami peningkatan. Minat belajar siswa setelah diberikan treatment berupa penerapan strategi movie learning mengalami peningkatan. Nilai probablitas yang diperoleh dari hasil analisis uji hipotesis lebih kecil dari 0,05 sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara post non test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Penerapan strategi movie learning memberikan pengaruh positif. Minat belajar siswa sebelum diberikan treatment berada pada kategori kurang berminat, dan setelah diberikan treatment berupa penerapan strategi movie learning maka minat belajar siswa meningkat. Terdapat pengaruh penerapan strategi movie learning terhadap minat belajar siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Feb 2024 03:43
Last Modified: 22 Feb 2024 03:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35219

Actions (login required)

View Item View Item