Implementasi Fungsi Manajemen Hubungan Masyarakat Di SMA Negeri 3 Kota Palopo

Dhea Adhelia M (2024) Implementasi Fungsi Manajemen Hubungan Masyarakat Di SMA Negeri 3 Kota Palopo.

[img] Text
jurnal dhea.pdf

Download (417kB)

Abstract

Dhea Adhelia M., Implementasi Fungsi Manajemen Hubungan Masyarakat Di SMA Negeri 3 Kota Palopo, Dibimbing oleh pembimbing I Dr. H. Ansar, M.Si dan pembimbing II Sumarlin Mus, S.Pd, M.Pd. Program Studi Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan mengkaji tentang Implementasi Fungsi Manajemen Hubungan Masyarakat Di SMA Negeri 3 Kota Palopo. Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi fungsi manajemen hubungan masyarakat di SMA Negeri 3 Kota Palopo. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru dan Masyarakat. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Implementasi Fungsi Manajemen Hubungan Masyarakat di SMA Negeri 3 Kota Palopo (a) sebagai mediator yaitu dengan membangun komunikasi yang baik, saling mendukung, serta saling bekerja sama dengan seluruh stakeholder sekolah dengan melibatkan publik untuk berpartisipasi dalam mencapai tujuan sekolah, penyelesaian konflik atau masalah dengan mencari sumber terjadinya konflik, mencari jalan tengah, serta memberikan solusi terkait masalah tersebut dengan melibatkan guru BK dan pemanggilan orang tua. Selanjutnya (b) sebagai pendukung dan penunjang dengan memjembatani pihak internal maupun eksternal dalam penyampaian informasi secara terbuka, melakukan promosi memalui seosial media, dan promosi dari mulut kemulut. Dan yang terakhir (c) menciptakan citra positif yaitu menorehkan prestasi dibidang akademik maupun non-akdemik, selain itu membangun kepercayaan publik dengan memberikan pelayanan dengan baik, lulusan yang diterima di PTN, penyelenggraan event, seminar, sosialisasi, dan lomba-lomba yang terbuka untuk umum.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Feb 2024 03:22
Last Modified: 22 Feb 2024 03:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35218

Actions (login required)

View Item View Item