Implementasi Pendidikan Karakter di UPT SMP Negeri 1 Dua Pitue Sidrap

Asmaul Husna (2024) Implementasi Pendidikan Karakter di UPT SMP Negeri 1 Dua Pitue Sidrap.

[img] Text
Implementasi Pendidikan Karakter di UPT SMP Negeri 1 Dua Pitue Sidenreng Rappang.pdf

Download (296kB)

Abstract

Asmaul Husna, 2023. Implementasi Pendidikan Karakter di UPT SMP Negeri 1 Dua Pitue Sidrap. yang di bimbing langsung oleh Dr.Ansar.M.Si. dan Dr. Muhammad Ardiansyah, S.IP.,M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter di UPT SMP Negeri 1 Dua Pitue Sidrap.Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gambaran Implementasi Pendidikan Karakter di UPT SMP Negeri 1 Dua Pitue Sidrap dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Pendidikan Karakter di UPT SMP Negeri 1 Dua Pitue Sidrap. Pendekatan penelitian ini ialah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulandata berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menurut adalah pengumpulan data, Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Pengecekan dan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi pendidikan karakter di UPT SMP Negeri 1 Dua Pitue Sidrap ada 3 yaitu (a) Kegiatan pembelajaran yang terdiri dari Pendekatan pembelajaran dan mengintegrasikan ke seluruh mata pelajaran. (b) Pengembangan budaya sekolah melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan/insidential, keteladanan, dan pengkondisian.(c) Adapun nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan yaitu nilai religius, percaya diri, toleransi, gemar membaca keberanian, rasa ingin tahu, sopan santun, disiplin, cinta tanah air, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, kerja keras, menghargai prestasi, kreatif, kerja sama dan kepemimpinan. (2) Faktor pendukung dalam implementasi pendidikan karakter di UPT SMP Negeri 1 Dua Pitue Sidrap antara lain : guru-guru dengan memberikan motivasi dan arahan-arahan dan sarana dan prasarana dengan tersedianya seperti laboratorium komputer, mesjid serta lapangan olahraga dalam menunjang kegiatan ekstrakurikuler. Faktor penghambatnya antara lain: orang tua siswa yang terkadang tidak mengerti terhadap program-program atau aturan yang di lakukan oleh sekolah dan siswa yang abai akan nasihat dan aturan yang diberikan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Feb 2024 03:13
Last Modified: 22 Feb 2024 03:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35217

Actions (login required)

View Item View Item