PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ABJAD MELALUI METODE DRILL PADA MURID AUTIS KELAS DASAR II di SLB NEGERI 1 BOMBANA PROVINSI SULAWESI TENGGARA

ARYA RIZQI ALFAJRI (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ABJAD MELALUI METODE DRILL PADA MURID AUTIS KELAS DASAR II di SLB NEGERI 1 BOMBANA PROVINSI SULAWESI TENGGARA.

[img] Text
JURNAL ARYA RIZKI ALFAJRIN.pdf

Download (338kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian yaitu seorang anak autis yang mengalami ketidakmampuan dalam menulis huruf abjad di kelas dasar II di SLB Negeri 1 Bombana Provinsi Sulawesi Tenggara. Rumusan masalah penelitian adalah : bagaimanakah kemampuan menulis abjad sebelum dan setelah penerapan metode drill pada siswa autis kelas dasar II di SLB 1 Negeri Bombana Provinsi Sulawesi Tenggara. Tujuan penelitian ini adalah : untuk mengetahui kemampuan menulis abjad siswa autis kelas dasar II di SLB Negeri 1 Bombana Provinsi Sulawesi Tenggara pada kondisi sebelum dan setelah penerapan metode drill. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis abjad murid autis sebelum dan setelah penerapan metode drill di SLB Negeri 1 Bombana Provinsi Sulawesi Tenggara. Teknik pengumpulan data yang adalah tes. Subjek penelitian ini adalah satu orang anak autis kelas dasar II di SLB Negeri 1 Bombana Provinsi Sulawesi Tenggara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan subjek menulis abjad sebelum penerapan metode drill berada pada kategori sangat rendah. Sedangkan setelah penerapan metode drill menunjukkan peningkatan kemampuan menulis abjad pada murid autis kelas dasar dasar II di SLB Negeri 1 Bombana Provinsi Sulawesi Tenggara yaitu berada pada kategori sangat tinggi. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan metode drill dapat meningkatkan kemampuan menulis abjad murid autis kelas dasar II di SLB Negeri 1 Bombana Provinsi Sulawesi Tenggara.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Feb 2024 07:23
Last Modified: 15 Feb 2024 07:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35211

Actions (login required)

View Item View Item