Putri Nursadrina Hiwan (2024) Pengembangan Bahan Ajar E-Book Pada Mata Kuliah Pengembangan Media Foto Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Penddikan Universitas Negeri Makassar.
Text
Artikel Putri Nursadrina Hiwan (1941042023).pdf Download (440kB) |
Abstract
Putri Nursadrina Hiwan. 2023. Pengembangan Bahan Ajar E-Book Pada Mata Kuliah Pengembangan Media Foto Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Penddikan Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr.Abdul Hakim S.Pd., M.Si. dan Dr. Farida Febriati, S.S., M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Teknologi Pendidikan adalah salah satu program studi yang terdapat di kampus Universitas Negeri Makassar. Teknologi Pendidikan memiliki mata kuliah pengembangan media foto yang ditangani oleh Dr.Abdul Hakim S.Pd., M.Si. selaku dosen pengampu mata kuliah. Keberadaan mata kuliah media foto saat ini belum didukung dengan adanya bahan ajar yang dijadikan sebagai bahan referensi tetap oleh dosen pengampu dalam proses pembelajaran media foto sehingga peneliti termotimasi melakukan penelitian pengambangan bahan ajar dalam bentuk E-Book. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengidentifikasi tingkat kebutuhan pengembangan bahan ajar dalam bentuk E-Book pada mata kuliah pengemabnagn media foto. 2) Mengukur tingkat validitas bahan ajar dalam bentuk E-Book pada mata kuliah pengembangan media foto. 3) Mengukur tingkat kepraktisan bahan ajar dalam bentuk E-Book pada mata kuliah pengembangan media foto. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) atau penelitian pengembangan yang menghasilkan sebuah produk. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan model Thiagarajan dengan tahap 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Penelitian ini dilakukan di lingkungan Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNM. Subjek dari penelitian ini yang dipilih secara random sampling adalah mahasiswa aktif program studi teknologi penddiikan dengan rincian: 10 orang mahasiswa untuk uji coba kelopok kecil dan 30 orang mahasiswa untuk uji coba kelompok besar. Pengumpulan data pada penlitian ini menggunakan metode wawancara, angket identifikasi kebutuhan, angket validasi ahli media, angket validasi ahli isi/materi, agket uji coba kelompok kecil, angket uji coba kelompok besar, serta dokumentasi pendukung berupa foto. Metode analisis data terdiri atas analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: bahan ajar dalam bentuk E-Book yang dikembangakan berada pada tingkatan dibutuhkan; bahan ajar yang dikembangakan berupa materi terkait mata kuliah pengembangan media foto yang disusun kedalam bentuk aplikasi E-Book; kelayakan produk berdasarkan validasi ahli isi/materi dengan hasil sangat baik, dan validasi media dengan hasil sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan hasil baik, uji coba kelompok besar dengan hasil berada pada kategori baik dan produk yang dikembangkan berada pada kategori valid dan praktis serta dapat digunakan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 07:18 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 07:18 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35210 |
Actions (login required)
View Item |