PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INTEGRASI SPIRITUAL ISLAM MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

suyuti, Mardiana (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INTEGRASI SPIRITUAL ISLAM MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL MARDIANA.docx

Download (53kB)

Abstract

Abstrak Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis integrasi spiritual islam melalui pendekatan saintifik dalam pembelajaran biologi yang memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifandan mengetahui kualitas pengembangan perangkat pembelajaran berbasis integrasi spiritual islam melalui pendekatan saintifik dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini dilakukandengan menggunakan model adptasi dan modifikasi 4-D yang terdiri atas 4 tahap yaitu define (pendefinisian, design (perancangan), develop (pengembangan) dan desseminate (penyebaran). Data yang diperoleh dari penelitian ini terdiri dari (1) data kevalidan diperoleh melalui penilaian ahli dan praktisi, (2) data kepraktisan melalui pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran, (3) data keefektifan melalui angket respons peserta didik, pengamatan kemampuan pengelolaan pembelajaran, tes hasil belajar dan pengamatan sikap spiritual peserta didik. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1)hasil mengembangkan perangkat pembelajaran integrasi spiritual Islam melalui pendekatan saintifik dalam pembelajaran biologi memiliki kualitas kevalidan 3,46 berarti sangat valid dengan skor ideal minimal kategori valid (2,5≤M≤3,5). (2) perangkat pembelajaran praktis untuk digunakan yang ditunjukkan dengan keterlaksanaan perangkat pembelajaran sebesar = 0,76 berarti terlaksana seluruhnya. Skor ideal kepraktisan perangkat pembelajaran minimal kategori terlaksana sebagian (0,5≤M<1,5). (3) perangkat pembelajaran efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik yang dilihat dari ketuntasan belajar (T) peserta didik 86,67% ( Skor ideal T>85%) , tingkat kemampuan guru mengelolahan pembelajaran sebesar 3,5 berarti sangat baik (skor ideal minimal kategori baik 2,5≤KG<3,5), respon peserta didik terhadap modul yaitu 100% memberi respon positif, respon terhadap LKPD 93% memberi respon positif (skor ideal minimal 80% peserta didik memberi respon positif) dan penilaian sikap spiritual peserta didik selama proses pembelajaran sebesar 2,3 yang berarti sangat baik ( skor ideal minimal kategori baik 2≤X<3). Kata Kunci : Pengembangan perangkat pembelajaran,integrasi spiritual islam, pendekatan saintifik, pembelajaran biologi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 Oct 2017 07:52
Last Modified: 31 Oct 2017 07:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3521

Actions (login required)

View Item View Item