Pengaruh Pembelajaran Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Di Taman Kanak-Kanak Negeri Kartini Bantaeng. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan.

Reskyah Latifha Ilhamy (2024) Pengaruh Pembelajaran Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Di Taman Kanak-Kanak Negeri Kartini Bantaeng. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
4704-Article Text-14226-1-10-20231116.pdf

Download (451kB)

Abstract

Reskyah Latifha Ilhamy, 2023. Pengaruh Pembelajaran Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Di Taman Kanak-Kanak Negeri Kartini Bantaeng. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Herman, Muhammad Akil Musi) Kemampuan membaca permulaan di TK Negeri Kartini masih dikategorikan belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran media flashcard terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Negeri Kartini. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan disini adalan jenis penelitian eksperimen semu atau Quasi experimental design. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sample dalam penelitian ini berjumlah 20 anak dengan pembagian kelompok eksperimen berjumlah 10 anak dan 10 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik dengan menggunakan Uji Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca permulaan pada anak yang diberi perlakuan pembelajaran media flashcard pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Nilai peningkatan rata-rata kemampuan membaca permulaan anak pada kelompok eksperimen yang diperoleh dari hasil analisis data yaitu sebanyak 21,60 sedangkan pada kelompok kontrol 12,00. Hasil pengujian menunjukkan sig. (2-tailed) 0.005 < 0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat dapat disimpulkan bahwa pembelajaran media flashcard memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak di TK Negeri Kartini Bantaeng

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Feb 2024 07:13
Last Modified: 15 Feb 2024 07:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35209

Actions (login required)

View Item View Item