Peningkatan Kreativitas Melalui Metode Drill And Practice Pada Pembelajaran Seni Rupa Siswa Kelas V SDN 20 Panjallingan Kabupaten Maros.

Nurhalimah (2024) Peningkatan Kreativitas Melalui Metode Drill And Practice Pada Pembelajaran Seni Rupa Siswa Kelas V SDN 20 Panjallingan Kabupaten Maros.

[img] Text
ARTIKEL NURHALIMAH (1947040009).pdf

Download (193kB)

Abstract

Nurhalimah, 2023. Peningkatan Kreativitas Melalui Metode Drill And Practice Pada Pembelajaran Seni Rupa Siswa Kelas V SDN 20 Panjallingan Kabupaten Maros. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Hikmawati Usman, S.Pd., M.Pd dan Hotimah, S. Pd.Si., M.Pd) Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan kreativitas siswa yang masih belum optimal dalam pembelajaran seni rupa yaitu, siswa belum melibatkan ide kreatif mereka dan hanya meniru gambar dari guru. Dalam hal proses pembelajaran di kelas, guru belum menggunakan metode bervariasi dan belum optimal dalam melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas melalui metode drill and practice pada pembelajaran seni rupa siswa kelas V SDN 20 Panjallingan Kabupaten Maros. Penelitian ini termasuk ke dalam pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan terdiri atas dua siklus dengan satu siklus terdiri atas 2 pertemuan. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas V SDN 20 Panjallingan yang terdiri dari 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi guru dan siswa, tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data hasil observasi dan analisis hasil tes unjuk kerja kreativitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa serta kreativitas siswa setelah penggunaan metode drill and practice. Hal ini dapat dilihat melalui melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus I hanya memperoleh 69% untuk aktivitas dalam kategori cukup, sedangkan pada siklus II memperoleh 88% dalam kategori sangat baik. Pada aktivitas siswa siklus I hanya memperoleh 69% dalam kategori cukup, sedangkan untuk siklus II memperoleh 88% dalam kategori sangat baik. Serta kreativitas siswa yang diperoleh berdasarkan empat aspek indikator kreativitas membuat gambar cerita, yaitu aspek kelancaran, keluwesan, kerincian, dan keaslian dari 25 siswa sebanyak 22 orang siswa sudah memenuhi keseluruhan indikator kreativitas. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kreativitas siswa pada pembelajaran seni rupa di kelas V SDN 20 Panjallingan Kabupaten Maros melalui metode drill and practice meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Feb 2024 07:06
Last Modified: 15 Feb 2024 07:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35208

Actions (login required)

View Item View Item