Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Kelompok B Paud Kartini Kabupaten Bantaeng

Sri Dewi Safirah (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Kelompok B Paud Kartini Kabupaten Bantaeng.

[img] Text
ARTIKEL SRI DEWI SAFIRAH.pdf

Download (315kB)

Abstract

Sri Dewi Safirah, 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Kelompok B Paud Kartini Kabupaten Bantaeng. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Herlina, Parwoto) Kemampuan anak dalam mengenl angka di Paud Kartini masih dikategorikan belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan mengenal angka pada anak kelompok B Paud Kartini. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan disini adalan jenis penelitian experimen semu atau Quasi experimental design. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sample dalam penelitian ini berjumlah 20 anak dengan pembagian kelompok eksperimen berjumlah 10 anak dan 10 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik dengan menggunakan Uji Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mengenal angka anak yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Nilai peningkatan rata-rata kemampuan mengenal angka anak pada kelompok eksperimen yang diperoleh dari hasil analisis data yaitu sebanyak 21,60 sedangkan pada kelompok kontrol 12,00. Hasil pengujian menunjukkan sig. (2-tailed) 0.005 < 0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengenal angka anak usia dini.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Feb 2024 06:51
Last Modified: 15 Feb 2024 06:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35205

Actions (login required)

View Item View Item