pengaruh bermain puzzle geometri terhadap kemampuan mengenal bentuk anak usia 5-6 tahun di RA DDI Kanang. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar

Haslinda Amalia (2024) pengaruh bermain puzzle geometri terhadap kemampuan mengenal bentuk anak usia 5-6 tahun di RA DDI Kanang. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel_Haslinda Amalia.pdf

Download (199kB)

Abstract

Haslinda Amalia, 2023. Skripsi, pengaruh bermain puzzle geometri terhadap kemampuan mengenal bentuk anak usia 5-6 tahun di RA DDI Kanang. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Rusmayadi dan Muhammad akil musi) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh bermian puzzle geometri Terhadap Kemampuan mengenal bentuk Anak Usia 5-6 Tahun di RA DDI Kanang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 79 di RA DDI Kanang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri 16 anak, 8 anak kelompok B2 sebagai kelompok eksperimen dan 8 anak kelompok B1 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistic non parametrik dengan menggunakan Uji Wilcoxon Sign Rank Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal bentuk pada anak yang diberi perlakuan permainan puzzle geometri pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Hasil analisis data diperoleh rata- rata sebesar 20,25, sedangkan pada kelompok kontrol 18,13. Hasil pengujian menunjukkan sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa bermain puzzle geometri memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengenal bentuk pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA DDI Kanang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Feb 2024 03:49
Last Modified: 15 Feb 2024 03:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35203

Actions (login required)

View Item View Item