Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 3 Mamuju Kabupaten Mamuju

MUHAMMAD ANDRI (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 3 Mamuju Kabupaten Mamuju.

[img] Text
JURNAL_Muhammad Andri_UNM.pdf

Download (847kB)

Abstract

MUHAMMAD ANDRI., 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 3 Mamuju Kabupaten Mamuju. Dibimbing oleh Bapak Dr.Muh.Ardiansyah,S.IP., M.Pd dan Bapak Hasan,S.Pd.I M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Univesitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 3 Mamuju. Berfokus pada gambaran Implementasi kurikulum merdeka di SMA Ngeri 3 Mamuju dan factor pendukung serta penghambat dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 3 Mamuju. Dengan pendekatan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Sumber data penelitian ini iyalah Kepala sekolah, Wakasek Kurikulum dan Guru. Menggunakan tehnik pengumpulan data melalui Observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisi dengan tehnik analisis data yang dimulai dari tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data, hingga pada tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 3 Mamuju, menggunakan jalur mandiri berubah, serta alasan diterapkannya karena fasilitasnya sudah mendukung serta adanya guru penggerak. pada perencanaan kurikulum operasional satuan pendidikan, sekolah melaksanakan rapat perencanaan KOSP dan untuk menjaga relevansi kurikulum operasional dengan perkembangan terbaru sekolah melakukan rapat evalusi dengan melibatkan staf, pengajar, dan pimpinan sekolah dalam rapat ini pihak sekolah mengevaluasi bagaimana kurikulum ini berjalan, mencatat pencapaian dan hambatan serta mengidentifikasi apa saja yang perlu di perbaiki. penggunaan dan pengembangan perangkat ajar sekolah menggunakan Modul ajar dan buku teks sebagai perangkat ajarnya, untuk pengembangan perangkat ajar, sekolah melakukan kerja sama dengan MGMP (Musyawarah guru mata pelajaran) serta pelatihan perangkat ajar yang dilakukan 2 sampai 3 kali dalam setahun dan untuk evaluasi dilakukan supervisi kelas. 2) factor pendukung dan penghambat dalam implementasi kurikulum merdeka iyalah ketersediaan sarana dan prasarana yang sudah memadai dan juga mayoritas guru sudah memahami tentang kurikulum merdeka sedangkan factor penghambatnya yaitu keterbatasan dana dan masih ada bebrapa guru yang kurang memahami mengenai kurikuluim merdeka.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Feb 2024 03:14
Last Modified: 15 Feb 2024 03:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35201

Actions (login required)

View Item View Item