Pengelolaan Kurikulum di SMA Negeri 11 Makassar,

Andrio Okta Darmaji (2024) Pengelolaan Kurikulum di SMA Negeri 11 Makassar,.

[img] Text
Jurnal Jambura_Andrio Okta Darmaji_1943040011.pdf

Download (467kB)

Abstract

Andrio Okta Darmaji, 2023. Pengelolaan Kurikulum di SMA Negeri 11 Makassar, yang Dibimbing langsung oleh Dr. Ed. Faridah, ST. M.Sc dan Sumarlin Mus, S.Pd.,M.Pd Program Studi Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang pengelolaan kurikulum di SMA Negeri 11 Makassar. Fokus penelitian adalah bagaimana pengelolaan kurikulum di SMA Negeri 11 Makassar. Pendekatan penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pengelolaan kurikulum di SMA Negeri 11 Makassar melalui tahap perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan. 1)Perencanaan kurikulum 2013 di SMA Negeri 11 Makassar. tujuan utama dalam merancang kurikulum 2013 disekolah itu sudah berjalan dan terlaksana sudah lama dengan beberapa tujuan seperti pengembangan kurikulum dalam pelaksanaan pembelajaran kemudian juga dengan tujuan utamanya itu harus tepat sasaran dengan visi misi dan tujuan sekolah di SMA Negeri 11 Makassar. Sementara itu, berbeda dengan kurikulum merdeka, bahwa tujuan utama dalam merancang kurikulum merdeka ini yaitu pembentukan karakter peserta didik dan dalam proses pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik itu sendiri sudah berjalan walaupun memang belum semua bisa berjalan sesuai dengan tujuan perencanaan kurikulum merdeka. 2)Pengorganisasian kurikulum 2013 di SMA Negeri 11 Makassar. Pada pengorganisasian kurikulum 2013 dalam langkah-langkah pengorganisasian di sekolah sudah terlaksana dengan cara mengumpulkan rencana-rencana pembelajaran dari guru dan di klasifikasikan dulu tenaga pengajar dengan rombel pelajaran, jam pelajaran, dan tenaga pengajar itu sendiri. Sementara proses pengorganisasian kurikulum merdeka pengelolaan kurikulum dalam langkah-langkah pengorganisasian itu sudah terlaksanan dengan melihat dulu persiapan dari guru-guru itu sendiri dan juga lebih kepada proses pemebelajaran dari guru itu sendiri. 3)Pelaksanaan kurikulum 2013 di SMA Negeri 11 Makassar kesiapan guru di SMA Negeri 11 Makassar ini sudah dikatakan siap dan sudah memahami juga kurikulum 2013 itu sendiri karena juga kurikulum 2013 ini sudah lama berjalan di sekolah ini. Sedangkan pada pelaksanaan kurikulum merdeka dijalankan mulai dari memberikan waktu guru dalam mempelajari lebih dalam terkait kurikulum merdeka secara lebih baik agar bisa diterapkan di kelas sebagaimana mestinya

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Feb 2024 06:54
Last Modified: 13 Feb 2024 06:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35199

Actions (login required)

View Item View Item