Penerapan Model Pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V UPTD SDN 188 Barru. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar

Juslindah (2024) Penerapan Model Pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V UPTD SDN 188 Barru. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL_JUSLINDAH.pdf

Download (278kB)

Abstract

Juslindah, 2023. Penerapan Model Pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V UPTD SDN 188 Barru. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Ibu Widya Karmila sari Achmad dan Nurhaedah). Penelitian ini dilakukan karena kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas V UPTD SDN 188 Barru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Fokus penelitian yaitu Penerapan model pembelajaran problem based learning, dan ketercapaian kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan indikator keberhasilan berupa indikator proses yaitu terlaksananya model problem based learning dan indikator hasil berupa hasil tes evaluasi yang mengukur tingkat kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil observasi guru dengan persentase pencapaian indikator keberhasilan yaitu 70%, kegiatan belajar siswa dengan presentase 53%, hasil tes evaluasi pada siklus I menunjukkan presentase ketuntasan 60%, dari hasil tersebut dilakukan perbaikan pada tahap refleksi berupa guru mengontrol siswa, guru memotivasi siswa untuk lebih memperhatikan penjelasan guru. Sedangkan Pada siklus II menunjukkan bahwa hasil observasi guru dengan memperhatikan proses pengelolaan kelas sehingga memperoleh presentase pencapaian indikator keberhasilan yaitu 94%, kegiatan belajar siswa dengan presentase 83%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V UPTD SDN 188 Barru Kecamatan. Balusu Kabupaten Barru

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Feb 2024 06:45
Last Modified: 13 Feb 2024 06:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35198

Actions (login required)

View Item View Item